WISATA NONGKOSAWIT

Susuk Wangan

Susuk Wangan (bersih bersih irigasi) di Randusari Rw 02 Kelurahan Nongkosawit. Susuk Wangan  bertujuan untuk membersihkan lingkungan khususnya irigasi dan sungai. Kegiatan ini sudah di lakukan turun temurun dan dilaksanakan setiap satu tahun sekali yang melibatkan Pokdarwis dan seluruh masyarakat kelurahan Nongkosawit.

 

Kirap Pusaka Kyai Bende

Kirap Pusaka Kyai Bende di Desa Wisata Nongkosawit dalam rangka nyadran dan sedekah bumi dari makam menuju kelurahan Nongkosawit. Acara ini dimulai dengan doa bersama, kemudian menyerahkan pusaka kyai bende dari juru kunci ke warga. Dimulai dengan jamasan yaitu membersihkan / menyucikan benda pusaka berupa bende oleh juri kunci makam. Setelah selesai melakukan jamasan, kirap budaya dimulai dari makam menuju Kelurahan Nongkosawit. Ditengah-tengah kirap, warga sangat menyambut antusias acara ini. Bahkan banyak warga yang menjajakan jualannya.

 

Belajar Gamelan

Belajar Gamelan merupakan salah satu cara pelestarian kesenian musik tradisional juga ada di Desa Wisata Nongkosawit. Sudah banyak sekali orang ataupun komunitas yg ingin belajar di Kelurahan Nongkosawit bahkan Warga Negara Asing pun banyak yang ingin belajar gamelan.

 

Air Terjun Mahtukung

Air terjun mahtukung, wisata alam yang terletak di Randusari RW II Keluahan Nongkosawit memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Bagi pecinta alam silahkan kunjungi air terjun Mahtukung.