UMKM NONGKOSAWIT
Mahasiswa KKN UPGRIS Kelompok 62 Dorong Pengembangan Strategi Pemasaran UMKM Osin Nongkosawit Melalui Promosi TikTok Berbayar
AKURAT.CO, Kelurahan Nongkosawit merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dengan kegiatan usaha berupa mengolah singkong menjadi produk makanan.
Kegiatan pelaku usaha ini telah berjalan selama beberapa tahun dengan bantuan pemberdayaan dari pemangku wilayah setempat.
Olahan singkong terebut diolah menjadi beberapa produk berupa jongkong, keripik, tape, gethuk, dan cethot yang telah memiliki peminat di pasaran.
Baca Juga:Mahasiswa KKN UPGRIS Kelompok 53 Sukseskan Pemasaran dan Promosi Digital melalui E-commerce
Produk olahan singkong yang diproduksi oleh UMKM Nongkosawit telah memiliki legalitas yang cukup untuk dipasarkan lebih luas.
Namun, strategi pemasaran yang digunakan oleh pelaku usaha OSIN Nongkosawit masih sederhana.
"Pemasaran produk OSIN milik UMKM Nongkosawit masih menggunakan sistem dari mulut ke mulut. Hal ini yang menyebabkan pasar yang dijangkau produk OSIN masih sempit," papar Ketua Kelompok 62 KKN UPGRIS Anom Krisnadi
Kini, Indonesia telah memasuki era digital yang mulai digunakan di berbagai aspek kehidupan salah satunya kegiatan usaha.
Mahasiswa Kelompok 62 KKN UPGRIS dalam kegiatannya memberikan sosialisasi penggunaan platform digital melalui promosi TikTok berbayar
Era digital telah mengubah cara usaha untuk berinteraksi dengan konsumen dan cara memasarkan produk mereka.
"Oleh karena itu, KKN 62 UPGRIS dalam kegiatannya memberikan sosialisasi penggunaan platform digital melalui promosi menggunaka konten tiktok berbayar," lanjutnya
Dipaparkan, metode ini menjadi cara terbaik untuk berinteraksi dengan konsumen secara online, sehingga dapat membantu usaha memperluas jangkauan dan meningkatkan visibilitas produk mereka.
Dengan memanfaatkan era digital dengan baik, diharapkan pelaku usaha OSIN Nongkosawit dapat meningkatkan efisiensi dan daya saingnya, serta memberikan pengalaman yang lebih baik bagi konsumen.