UMKM KANDRI
Mar 08, 2024
MAHASISWA KKN UPGRIS KELOMPOK 57 BERI PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM YANG ADA DI KECAMATAN GUNUNG PATI KELURAHAN KANDRI KOTA SEMARANG
- Adminkandri
- 1664x Dilihat
Semarang 05 Maret 2024 – Kewirausahaan merupakan konsep yang mencakup aktivitas menciptakan, mengelola, dan mengembangkan bisnis dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan.
Mereka yang terlibat dalam kewirausahaan dikenal sebagai wirausahawan, yang harus memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi peluang, mengelola sumber daya, menghadapi risiko, dan mengatasi tantangan dalam lingkungan bisnis yang kompetitif.
Kendala yang dilalui seorang wirausahawan sangatlah bermacam, salah satunya yaitu tentangan mengenai pemasaran produk. Kendala pemasaran produk dapat diminimalisir dalam digital marketing, yakni dengan membuat upaya berwirausaha menjadi lebih cepat, lebih terjangkau, lebih mudah, bahkan menciptakan banyak kesempatan kolaborasi sehingga dapat membuat suatu usaha menjadi lebih efektif. Dunia digital menawarkan sumber daya baru yang sangat luas bagi para wirausahawan untuk dimanfaatkan, mulai dari pengumpulan data terbuka, konten, kode, dan layanan yang tumbuh secara eksponensial hingga kontribusi online pengguna dan komunitas di seluruh dunia.
Salah satu implementasi nyata dari konsep kewirausahaan ini terlihat dalam kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) Kelompok 57 Universitas PGRI Semarang yang melaksanakan Program Kerja (Proker) pendampingan digital marketing kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di desa Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Selasa (05/03/2024). Pak Suradi selaku Ketua RW 03 Kelurahan Kandri mengatakan, bahwa ada sejumlah UMKM yang berada dan sedang berkembang di desa Kandri. Dengan informasi yang sudah didapatkan, Kelompok KKN Upgris melakukan kunjungan ke beberapa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Kandri, untuk membantu pengembangan digital marketing pada UMKM tersebut.
Salah satu UMKM yang kelompok KKN Upgris kunjungi adalah UMKM Dapoer Mama Mia yang terletak pada Desa Kandri RT.04/RW.03 Kec.Gunung Pati. Kunjungan yang dilakukan ke lokasi usaha yaitu untuk mendata, mewawancarai dan memberikan wawasan kepada pelaku usaha mengenai digital marketing. Pendampingan yang kita lakukan adalah memberikan arahan kepada pelaku UMKM untuk lebih aktif dalam mengunakan media sosial. Pada Usaha Dapoer Mama Mia ini sudah memiliki akun instagram yaitu @dapoermamamia.smg akan tetapi akun ini sudah lama tidak aktif karena memang kesibukan pelaku UMKM yang sudah padat.
Mengetahui kendala ini Kelokpok KKN Upgris segera membantu secara langsung dalam pengelolaan akun instagram tersebut. Dengan cara ikut andil dalam proses produksi dan pembuatan konten yang menarik untuk dapat di upload pada akun intagram tersebut. Beberapa konten yang kelompok KKN Upgris buat berdurasikan pendek hanya sekitar 30 – 60 detik. Hal ini dilakukan agar viewers tidak bosan, walaupun hanya video singkat akan tetapi konten yang dibuat cukup menarik untuk di lihat. Banyak informasi mengenai proses produksi seperti bahan baku, cara pembuatan, dan pengemasan yang dapat dilihat pada konten tersebut.
“Testimoni yang berada dalam sorotan akun ini hanya dua slide saja, minat calon pembeli akan meningkat jika melihat testimoni produk semakin banyak. Hal ini dapat menambah kepercayaan calon pembeli untuk memutuskan pembelian pada usaha ini” Ujar Lutfi Choirunnisa selaku penanggungjawab devisi kewirausahaan KKN Upgris. Mendengar arguman tersebut kelompok KKN Upgris turut membantu pembuatan testimoni produk yang diperjualbelikan pada UMKM Dapoer Mama Mia, serta pengunggahan yang akan diletakkan pada sorotan akun instagram.
Pendampingan pada UMKM yang dilakukan ini mendapatkan respon positif dari pelaku UMKM. Ibu Mia merasa sangat terbantu dengan adanya mahasiswa KKN dari Universitas PGRI Semarang yang telah berbagi infromasi mengenai branding dan pemanfaatan digital marketing UMKM miliknya untuk meningkatkan penjualan produk. Dengan harapan setelah diadakannya kegiatan KKN ini bisa memotivasi para pelaku UMKM untuk dapat memanfaatkan digital marketing dalam meningkatkan minat konsumen di era digitalisasi sekarang ini.